Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Senin, 16 Februari 2015

Cara Memasak Tongseng Daging Kambing Lezat

Tongseng merupkan makanan khas solo. Makanan ini berbahan dasar daging, dapat daging ayam, kambing, maupun daging sapi. Cara memasak tongseng lebih mudah dari memasak gulai, karena memang jenis makanan ini hampir mirip seperti gulai, hanya saja kuah tongseng lebih kental daripada gulai dan rasanya juga lebih kuat meski bumbu yang digunakan untuk membuat tongseng sedikit lebih sederhana.

cara memasak tongseng

Bahan Memasak Tongseng


Cara memasak tongseng terbilang gampang-gampang susah. Memasak tongseng kambing harus mampu menghilangkan bau prengus yang melekat pada daging kambing. Dalam membuat tongseng daging kambing, tentu saja bahan utama yang harus disediakan yaitu daging kambing. Siapkanlah sebanyak ½ kg saja dan potong kecil agak tipis. Sebagai tambahan sediakanlah 2-3 buah tomat merah (potong beberapa bagian sesuai selera), cabai merah (sesuai selera dan potong-potong), 3 cm jahe, 2 cm lengkuas, dan 1 batang serai (dimemarkan), daun kol secukupnya, daun jeruk 3-5 lembar, 3-4 sdm kecap manis, air putih, dan 3 sdm minyak goreng. Dalam memasak tongseng, ada beberapa bumbu yang harus dihaluskan untuk kemudian ditumis terlebih dahulu. Bumbu-bumbu tersebut yaitu 6 siung bawang merah, 3 siung bawang puih, ½ biji pala, 1 sdt ketumbar, jinten, serta garam secukupnya.

Cara Memasak Tongseng Daging Kambing


Langkah pertama dalam memasak tongseng daging kambing yaitu dengan merebus daging yang telah dipotong kecil-kecil sampai setengah matang. Haluskan bumbu dan tumislah menggunakan 3 sdm minyak goreng, tambahkan jahe, lengkuas, daun jeruk, serta serai dan tunggu sampai harum. Masukkan bumbu yang telah ditumis dalam rebusan daging kambing, aduk dan tambahkan kecap manis. Tunggu sampai daging cukup empuk baru tambahkan potongan cabai, daun kol, serta potongan tomat. Aduk dan tunggu sampai daging benar-benar empuk. Angkat dan sajikan selagi panas. Bagaimana, sulit atau gampang cara memasak tongseng? Tertarik membuatnya?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Tongseng Daging Kambing Lezat