Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Selasa, 06 Januari 2015

Cara Memasak Rendang Khas Padang Yang Mendunia

Berbanggalah kita sebagai warga negara Indonesia karena salah satu masakan khas Indonesia, Padang pada khususnya, yaitu rendang, memperoleh predikat sebagai masakan paling enak urutan nomor 1 di dunia pada tahun 2011 yang diumumkan oleh CNN pada website CNNGo.com. Dibawah rendang ada masakan khas Indonesia lainnya yaitu nasi goreng. Cara memasak rendang merupakan hal yang mudah, akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama karena tekstur daging yang keras, sehingga untuk membuat daging memiliki tekstur yang lembut, harus dimasak agak lama.

cara memasak rendang

Cara Memasak Rendang


Cara memasak rendang mudah, akan tetapi membutuhkan kesabaran karena proses pemasakannya yang cukup lama. Beberapa bahan utama untuk membuat rendang yaitu daging rendang dan santan kelapa alami. Siapkan 1 kg daging santan serta 1 liter santan kelapa alami hasil dari kelapa yang diparut. Adapun bumbu yang perlu dipersiapkan yaitu bawang putih 5 siung, 10 siung bawang merah, 2 cm jahe dan kunyit bakar, 2 cm lengkuas, 1 sdt ketumbar, 6 butir kemiri, cabai merah 50 gram, cabai merah keriting sesuai selera, 1 sdt jinten sangrai, 2 sdt garam, ½ sdt pala bubuk. Haluskan semua bumbu tersebut menjadi satu, apabila ingin membuat rendang khas Padang, maka sediakan pula 2 batang daun serai dan daun kunyit, 3 lembar daun jeruk purut, serta 2 cm asam kandis.

Langkah pertama dalam membuat rendang yaitu dengan memasukkan santan dalam penggorengan yang besar. Setelah itu masukkan pula bumbu yang telah dihaluskan tadi, aduk hingga rata dan tambahkan bumbu khas padang seperti daun serai dan daun kunyit, daun jeruk purut, serta asam kandis. Aduk bumbu ini selama 30 menit, kemudian masukkan daging yang sudah dipotong kotak tipis dalam penggorengan. Atur api agar tidak terlalu besar. Aduk terus daging dan bumbu yang telah bercampur hingga mendidih, jangan sampai santan mengental. Proses pengadukan harus dilakukan dalam waktu yang lama hingga santan menjadi sedikit kering. Demikian cara memasak rendang yang perlu anda ketahui. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Rendang Khas Padang Yang Mendunia