Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Rabu, 28 Januari 2015

Cara Memasak Soto Ayam Mudah Dan Murah

Soto adalah kuliner khas nusantara yang macamnya berbeda-beda setiap daerah. Ada soto Pekalongan, soto Semarang, soto Betawi, soto Banjar, dll. meski berbagai jenis soto pada tiap daerah memiliki rasa yang beraneka, akan tetapi cara memasak soto di tiap-tiap daerah pada dasarnya memiliki kemiripan. Bahan dasar yang digunakan juga tidak jauh berbeda, hanya saja soto di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat soto ayam yang lezat dan gurih.

cara memasak soto

Cara Memasak Soto Ayam


Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal, bahwa pada dasarnya cara memasak soto setiap daerah tidak jauh berbeda, yaitu dengan membuat kuah, memasak bahan yang akan diguyur dengan kuah soto, dan memberinya penyedap. Ada beberapa bahan utama dalam pembuatan soto. Untuk membuat soto ayam tentu saja bahan utamanya daging ayam. Sebagai tambahan, sediakan pula mie bihun atau soun (rendam air panas), 200 gr tauge (disiram air panas), 200 gr daun kol (potong ½ cm panjang sekitar 5 cm), 1 tomat merah ukuran sedang, 2 buah kentang (rebus/goreng dan dipotong dadu), 1,5 liter air putih, 2 lbr daun salam, 2 batang daun serai dan daun bawang, 3 cm lengkuas, daun jeruk, serta minyak goreng. Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu 1 cm kunyit, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 3 buah kemiri, 1 cm jahe, 2 sdm garam, serta merica bubuk.

Langkah pertama dalam membuat soto ayam yaitu dengan mencuci sayuran yang akan digunakan. Selanjutya haluskanlah bumbu yang disediakan. Panaskan 3 sdm minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai berbau harum. Panaskan 1,5 liter air dalam panci, masukkan bumbu yang telah ditumis dan tambahkan daun jeruk, lengkuas dan daun serai yang telah dimemarkan, serta daun salam. Aduk dan tunggu sampai daging ayam empuk. Setelah itu tambahkan merica bubuk, garam, serta penyedap rasa pada kuah yang dimasak. Angkat dagig ayam dan suwir. Siapkanlah irisan kol, daun bawang, kentang, tomat, tauge, bihun atau mie soun, serta daging ayam yang telah disuwir pada mangkuk. Masukkanlah kuah yang sudah jadi pada mangkuk yang telah berisi bahan-bahan tadi. Tambahkan bawang goreng agar rasanya semaki gurih. Itulah cara memasak soto ayam yang mudah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Soto Ayam Mudah Dan Murah