Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Minggu, 15 Februari 2015

Cara Memasak Tempe Bacem Paling Enak

Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung protein selain tahu, karena kedua jenis makanan ini merupakan bahan makanan olahan kedelai. Sedangkan tempe bacem adalah salah satu jenis olahan dari tempe. Cara memasak tempe bacem tidaklah sulit, bahkan dapat dibilang cukup mudah. Olahan bacem di berbagai daerah memiliki nama yang berbeda, seperti di daerah Kaliurang, Jogjakarta misalnya, olahan bacem banyak dikenal sebagai jadah.

cara memasak tempe bacem

Beberapa kandungan yang terdapat pada tempe yaitu kalsium, zat besi, protein, dll. Tempe banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan. Pada beberapa tempat, pengolahan tempe dapat divariasi menjadi pengganti daging pada steak, sate, dll. pengolahan tempe yang semakin modern ini menjadikan tempe sebagai salah satu makanan Indonesia yang dikenal di dunia luar.

Bahan dan Cara Memasak Tempe Bacem


Cara memasak tempe bacem sangat mudah. Bahan utama dalam pembuatannya yaitu tempe. Pilihlah tempe berukuran sedang yang masih segar dan belum berbau pesing. Potong menjadi beberapa bagian dengan ketebalan 1-2 cm. Untuk bumbunya, sediakanlah 1 cm lengkuas, 2 lembar daun salam, asam jawa 1 butir, ½ sdt garam, 2-3 sdm kecap manis, minyak goreng, serta dua gelas santan kelapa. Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu 5 siung bawang merah, bawang putih, serai, ketumbar. Khusus untuk serai, ambillah hanya bagian yang putih saja.

Langkah pertama dalam memasak tempe bacem yaitu dengan memanaskan santan pada panci menggunakan api yang sedang. Masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan dan aduk beberapa saat. Tambahkan daun salam, lengkuas yang dimemarkan, serta asam jawa. Aduk sampai bumbu merata baru masukkan potongan tempe dalam adonan. Tunggu selama beberapa menit sampai air atau kuahnya menyusut. Setelah kuahnya meyusut, angkat tempe dan tiriskan beberapa saat sebelum digoreng. Mudah bukan cara memasak tempe bacem?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Tempe Bacem Paling Enak