Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Sabtu, 28 Februari 2015

Cara Memasak Telur Acar Pasti Enak

Telur adalah salah satu menu yang hampir setiap hari dikonsumsi. Akan tetapi, seringkali olahan telur hanya itu-itu saja, telur dadar atau telur ceplok sehingga membuat anak-anak bosan. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memasak telur yang berbeda, agar si anak tidak merasa bosan untuk memakannya. Mengerti berbagai cara memasak telur penting mengingat kandungan gizi yang terdapat pada telur tidaklah sedikit, yang menjadikannya salah satu menu yang masuk 4 sehat 5 sempurna.

cara memasak telur

Cara Memasak Telur


Cara memasak telur acar sangatlah mudah, hanya saja bumbu yang diperlukan cukup banyak. Bahan utama dalam pembuatan telur acar tentu saja adalah teur. Siapkanlah 4-5 butir telur yang memiliki kualitas yag tinggi. Sebagai bahan pelengkap, sediakanlah cabai merah dan cabai hijau sesuai selera (iris tipis), cabai rawit sesuai selera, 3 sdm air perasan jeruk nipis, 2 lbr  daun jeruk, kecap ikan, 3 sdm minyak goreng, dua gelas santan, garam dan gula pasir secukupnya, serta 50 r kacang tanah yang disangrai (potong kecil-kecil). Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan, sediakanlah 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, cabai merah sesuai selera, ½ batang serai (iris tipis), 1 cm lengkuas (memarkan), 1 sdt ketumbar dan merica htam, 1 sdt ketumbar sangrai, serta sedikit jinten.

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk membuat telur acar adalah dengan merebus semua telur yang disediakan sampai matang. Sambil menunggu telur matang, haluskan bumbu yang telah disediakan untuk dihaluskan. Setelah dihaluskan, panaskan 3 sdm minyak goreng dan tumis bumbu tersebut sampai harum. Tambahkan irisan cabai merah dan hijau, serta daun jeruk dalam tumisan. Setelah itu masukkan santan, air perasan jeruk nipis, kacang tenah, serta 3 sdm  kecap ikan. Aduk beberapa saat sampai tercampur rata dan taburi dengan garam dan gula pasir. Langkah terakhir dalam cara memasak telur acar yaitu dengan memasukkan telur dalam tumisan dan tunggu sampai bumbu meresap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Telur Acar Pasti Enak