Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Jumat, 27 Februari 2015

Cara Memasak Sup Ayam Dengan Kandungan Sayuran dan Protein Tinggi

Anda orang Indonesia? pasti kenal dengan masakan yang bernama sup ayam. Cara memasak sup ayam yaitu dengan merebus daging ayam dan dibuat kaldu. Rasanya segar, cocok disantap sebagai pendamping nasi dan saat musim hujan karena masakan jenis ini disajikan dalam mangkuk dengan kuah yang panas.

cara memasak sup ayam

Ayam adalah bahan masakan yang sudah sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. variasi pengolahan yang bermacam serta mudahnya memperoleh daging ayam karena ayam adalah salah satu jenis hewan yang sangat mudah untuk diternakkan. Pengolahan ayam dapat dengan cara digoreng, dibakar, dibuat makanan berkuah, serta pengolahan yang merupakan khas indonesia yaitu sate ayam. Salah satu pengolahan ayam yang sehat yaitu dengan membuatnya menjadi sebuah sup. Ya, sup ayam adalah salah satu teknik pengolahan ayam yang sehat karena tidak menggunakan banyak minyak seperti ketika digoreng dan tidak mengandung arang seperti saat dibakar.

Bahan Memasak Sup Ayam


Cara memasak sup ayam tidaklah susah, hanya saja diperlukan takaran bumbu yang benar-benar pas agar rasanya sedap. Bahan utama dalam pembuatannya yaitu tentu saja ayam, anda dapat memilih sendiri bagian apa yang disukai, bisa bagian dada, sayap, maupun organ dalamnya. Namun untuk membuat kaldunya, gunakanlah daging ayam bagian dada. Siapkan daging ayam sebanyak 500 gram, cuci dan potong-potong. Jika ingin memiliki rasa yang lebih mantap, pilihlah ayam kampung. Untuk bumbu yang harus disiapkan diantaranya;

  •           Bawang bombay
  •           1 ruas jari jahe
  •           2 siung bawang putih
  •           1 sdm perasan air jeruk nipis
  •           1 sdt merica
  •           1 sdt garam dan gula pasir
  •           Daun bawang
  •           Air putih

Sebagai pelengkap, sediakanlah wortel, tomat, dan kentang masing-masing 1 buah, sedangkan untuk jagung manis sediakan jagung yang sudah dilepas dari ponggolnya sebanyak 1 cangkir kecil.

Cara Memasak Sup Ayam


Langkah pertama dalam membuat sup ayam yaitu dengan melumuri daging ayam menggunakan perasan jeruk nipis dan membiarkannya selama beberapa menit sampai meresap. Jika sudah, rebuslah ayam menggunakan 1 liter air putih sampai matang. Tambahkan kentang dan wortel yang telah dipotong-potong serta jagung manis. Masukkan pula bawang putih dan bawang bombai yang dicincang, serta jahe yang telah dimemarkan. Tunggu beberapa saat baru taburkan garam, gula pasir, merica bubuk, serta daun bawang dan tomat yang sudah dipotong-potong. Aduk sampai merata dan angkat. Cara memasak sup yang dilakukan akan semakin sempurna apabila ditaburkan bawang goreng diatasnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Sup Ayam Dengan Kandungan Sayuran dan Protein Tinggi