Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Sabtu, 07 Februari 2015

Cara Memasak Soto Ayam Pekalongan Dijamin Ketagihan

Soto ayam adalah salah satu makanan khas Indonesia. Banyak sekali jenis soto di setiap daerah, mulai dari soto banjar, soto betawi, soto banyumas, soto semarangan, soto pekalongan, dll. Soto pekalongan adalah salah satu soto yang memiliki ciri khas rasa. Meskipun begitu, cara memasak soto ayam pekalongan tidak jauh berbeda dengan cara memasak soto yang lain di Indonesia. Rasanya juga tidak jauh berbeda, hanya saja memiliki ciri khas tersendiri. 

CARA MEMASAK SOTO AYAM

Umumnya soto khas pekalongan menggunakan bahan tambahan atau bumbu khusus yang dinamakan tauto. Daerah lain yang juga menggunakan tauco sebagai bahan tambahan soto adalah Tegal, meskipun begitu rasa soto tauco pekalongan diklaim lebih memiliki aroma yang lebih kuat. Bagi anda yang ingin mencicipi kelezatan soto pekalongan tidak perlu pergi ke pekalongan karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Cara Memasak Soto Ayam Pekalongan


Cara memasak soto ayam pekalongan tidak rumit, hanya saja bumbu yang digunakan cukup banyak jadi anda harus teliti dalam menyiapkan semua bumbu agar tidak ada yang terlewatkan. Bahan yang harus disiapkan untuk membuat soto ayam pekalongan yaitu daging ayam segar ½ kg, mie soun dan tauge (rendam air panas), daun bawang (potong kecil), daun seledri, air putih 2 liter, bumbu tauco 4 sdm, 2 cm jahe dan 2 batang serai yang dimemarkan, 4 lbr daun jeruk, kaldu ayam, ½ sdt bubuk merica, kecap manis, 1 sdm garam, 1 sdt gula pasir, serta minyak goreng. Untuk bumbu yang dihaluskan yaitu 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 cm kunyit, dan cabai rawit merah sesuai selera.

Ada beberapa langkah dalam pembuatan soto ayam. Langkah pertama yaitu dengan merebus daging  ayam dengan bumbu garam dan penyedap rasa. Setelah matang, angkat lalu goreng sampai matang. Jangan buang air sisa rebusan ayam. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi. Masukkan tumisan yang sudah jadi ke air kaldu sisa rebusan daging ayam. Tambahkan merica bubuk dan sedikit gula pasir. Aduk hingga mendidih. Siapkan mangkuk yang berisi mie soun, tauge, tauco, daun bawang, serta daun seledri. Siramlah dengan kuah kaldu, tambahkan 1 sdm kecap dan bawang goreng. Cara memasak soto ayam pekalongan mudah bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Soto Ayam Pekalongan Dijamin Ketagihan