Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Sabtu, 14 Februari 2015

Cara Memasak Rawon Khas Surabaya Yang Meng-Indonesia

Rawon adalah salah satu makanan khas Surabaya yang resepnya sudah melanglang buana di Indonesia. Cara memasak rawon tidak berbeda jauh dengan garang asem yang ada di Pekalongan, rasanyapun memiliki banyak kemiripan, gurih, lezat, dan sangat enak disajikan selagi cuaca dingin karena makanan ini merupakan jenis makanan berkuah. 

cara memasak rawon

Rawon sendiri adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi yang dipotong kecil-kecil dengan tambahan bumbu kluwek atau pucung, sehingga warna kuahnya hitam.

Bahan Memasak Rawon


Cara memasak rawon merupakan hal yang mudah. Bahan utama dalam proses pembuatannya tentu saja adalah daging sapi yang diiris tipis. Siapkanlah daging sebanyak ¼ kg. Untuk bumbunya yaitu 1 ruas jari lengkuas, 1 batang serai, 3 lembar daun jeruk dan daun salam, taoge, 1 sdt garam, 2-3 sdm minyak goreng, 1 sdt gula pasir, dan air putih. Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan yaitu 5 siung bawang merah, 2 siung bawan putih, 3-4 buah pucung, 1 cm jahe dan kunyit, ½ sdt ketumbar, 2 biji kemiri, cabai merah sesuai selera, daun bawang (potong kecil), 1 buah asam jawa, 1 sdt garam.

Cara Memasak Rawon

Langkah pertama dalam memasak rawon yaitu dengan merebus daging. Rebusah 2 liter air putih yang telah dicampur dengan serai dan lengkuas yang dimemarkan, serta daun jeruk dan daun salam. Masukkan daging dan rebus sampai daging empuk. Sambil menunggu daging empuk, haluskanlah bumbu yang disiapkan dan tumis sampai harum. Setelah harum, angkat dan masukkan dalam rebusan daging dan bumbu yang telah dimasak. Taburkan 1 sdm garam dan gula. Aduk dan tunggu sampai daging empuk dan matang. Itulah cara memasak rawon yang dapat anda praktekkan di rumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Rawon Khas Surabaya Yang Meng-Indonesia