Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Jumat, 13 Februari 2015

Cara Memasak Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker

Nasi kuning adalah nasi yang banyak dihidangkan saat acara selamatan dan ulang tahun. Nasi ini merupakan salah satu olahan nasi yang banyak dibuat. Cara memasak nasi kuning saat ini sangatlah praktis, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membuatnya menggunakan rice-cooker. Tidak perlu menggunakan kompor dll, karena zaman sekarang ini semuanya serba mudah, termasuk bagaimana membuat nasi kuning.

cara memasak nasi kuning

Bahan dan Cara Memasak Nasi Kuning


Cara memasak nasi kuning menggunakan magic com atau rice cooker sangatlah praktis. Bahan utama dalam pembuatan nasi kuning tentu saja adalah beras. Siapkanlah ½ liter beras. Pilihlah beras yang memiliki kualitas bagus. Pastikan beras yang anda gunakan bukanlah beras sintetis seperti yang akhir-akhir ini sedang beredar. Beberapa bumbu tambahan yang perlu disiapkan untuk membuat nasi kuning yaitu 1 bungkus santan instan ukuran kecil, 1 batang serai, beberapa lembar daun salam, serta air yang merendam beras sebanyak 1 ruas jari diatasnya. Sedangkan untuk bumbu yang dihaluskan yaitu 2 cm kunyit (ambil air perasannya), 3-4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdt garam, serta penyedap rasa.

Langkah pertama dalam pembuatan nasi kuning menggunakan rice cooker yaitu dengan mencuci beras yang akan digunakan 2-3 kali penyaringan. Masukkan beras yang sudah dicuci pada rice cooker, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, santan, daun salam, serai, penyedap rasa, serta air putih. Aduk merata dan masaklah nasi yang sudah tercampur bumbu dan air sampai matang. Cara memasak nasi kuning akan semakin lengkap apabila nasi yang sudah matang disantap atau disajikan bersama suwiran ayam, telur dadar, bawang goreng, serta lalapan. Nasi kuning cocok disajikan saat pagi hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker