Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Kamis, 12 Februari 2015

Cara Memasak Ikan Patin Kuah Kuning nan Lezat

Indonesia adalah negara maritim, tidak mengherankan jika Indonesia merupakan salah satu negara penghasil ikan laut terbesar di dunia. Ikan patin adalah salah satu jenis ikan yang banyak dinonsumsi. Cara memasak ikan patin beragam, mulai dari digoreng, dibakar, dibuat kuah kuning, dll. Cara memasak ikan menjadi ikan patin kuah kuning adalah salah satu yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga, proses pembuatannya yang mudah menjadi salah satu faktornya. Ikan patin memiliki tekstur daging yang lembut seperti ikan lele.

cara memasak ikan patin

Bahan dan Cara Memasak Ikan Patin


Cara memasak ikan patin kuah kuning tidak terlalu sulit. Bahan utama dalam pembuatannya tentu saja adalah ikan patin. Siapkanlah ikan patin ukuran sedang. Untuk membuat bumbunya, siapkanlah 1 batang serai, beberapa lembar daun kunyit, air perasan jeruk nipis, garam, gula pasir, asam kandis, 2-3 lembar daun salam, minyak sayur, serta 3 gelas air putih. Untuk membuat kuah kuningnya, sediakan dan haluskanlah 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 biji kemiri, cabai sesuai selera, 2 cm jahe dan lengkuas, serta 3cm kunyit.

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk membuat ikan patin kuah kuning yaitu dengan mencuci bersih ikan patin dan memotongnya menjadi beberapa bagian. Lumurilah potongan ikan tersebut menggunakan garam dan air perasan jeruk nipis, diamkan selama beberapa menit sampai meresap. Sambil menunggu bumbu meresap, tumislah bumbu yang sudah dihaluskan dengan 3 sdm miyak goreng, tambahkan daun salam, serai, asam kandis, dan juga daun jeruk sampai mengeluarkan bau harum. Setelah harum, masukkanlah air dan beri tambahan garam dan penyedap rasa. Tunggu sampai mendidih baru masukkan ikan patin dalam kuah. Masaklah sampai ikan matang dan kuah sedikit mengental. Itulah cara memasak ikan patin kuah kuning, mudah bukan?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Ikan Patin Kuah Kuning nan Lezat