Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Minggu, 22 Februari 2015

Cara Memasak Ikan Gurame Pedas Manis Nan Sederhana

Ikan gurame adalah salah satu jenis ikan yang banyak disantap oleh warga Indonesia. Ikan ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Cara memasak ikan gurame bermacam-macam, mulai dari sekadar digoreng, dibakar, hingga dijadikan makanan berkuah. Ikan gurame adalah ikan favorit yang mudah diolah, selain ikan bawal, dan ikan nila tentunya. Salah satu pengolahan ikan gurame yang dapat dilakukan yaitu dengan membuatnya menjadi masakan yaang memiliki citarasa pedas. Nah, oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana memasak ikan gurame pedas manis.

cara memasak ikan gurame

Bahan dan Cara Memasak Ikan Gurame


Cara memasak ikan gurame tidaklah sulit. Bahan utama dalam proses pembuatannya tentu saja adalah ikan gurame. Sipakanlah 2 ekor ikan gurame. Sebagai tambahan, dapat pula menyediakan tomat2 buah sebagai pelengkap. Untuk bumbu masaknya yaitu 2 siung bawang putih dan ½ sdt lada (haluskan), ½ sdt gula pasir, ½ sdt garam, air perasan jeruk nipis secukupnya, dan minyak goreng. Sedangkan bumbu untuk membuat sausnya yaitu;
-         
  •      Wortel dan mentimun masing-masing 1 buah (potong-potong)
  •           Cabai merah sesuai selera (potong-potong)
  •           2 siung bawang putih (iris tipis)
  •           Bawang bombay (iris tipis)
  •           Saus tomat dan saus cabai sesuai selera
  •           Sedikit garam dan gula pasir
  •           ¼ sdt lada bubuk
  •           1 batang daun bawang (iris)
  •           1 gelas air
  •           1 sdt air tepung maizen


Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memasak ikan gurame pedas manis yaitu dengan membersihkan ikan gurame. Fillet bagian dagingnya dan jangan buang bagian kepala dan sisa badannya. Lumuri fillet ikan gurame dengan perasan air jeruk nipis, garam, merica bubuk, serta bawang putih dan biarkan selama beberapa menit sebelum digoreng menggunakan bumbu instan. Goreng ikan sampai matang dan tiriskan. Tumis bawang bombay, cabai merah, dan bawang putih sampai harum dan tambahkan saus tomat dan saus pedas. Aduk sampai merata dan tambahkan air serta wortel. Diamkan sampai mendidih baru masukkan potongan mentimun, daun bawang, tomat, serta larutan tepung maizena. Aduk beberapa saat. Cara memasak ikan gurame akan terasa lebih sempurna apabila cara penyajiannya benar. Cara penyajian yang benar yaitu dengan menyajikan fillet ikan gurame di atas piring, setelah itu baru siram dengan saus yang sudah dibuat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Ikan Gurame Pedas Manis Nan Sederhana