Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Sabtu, 21 Februari 2015

Cara Memasak Ikan Bandeng Kuah Kuning

Ikan bandeng adalah salah satu ikan air payau yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Cara memasak ikan bandeng di setiap daerah berbeda-beda. Di Semarang misalnya, ikan bandeng dijadikan sebagai salah satu makanan khas kota ini, bandeng presto namanya. Di beberapa daerah lain juga dikenal yang namanya bandeng asap, bali bandeng, dll.

cara memasak ikan bandeng

Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi di Indonesia, hal ini tidak terleas dari proses pembudidayaannya yang mudah. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada ikan bandeng juga banyak, mulai dari vitamin B, protein, asam lemak omega 3, dll.

Cara Memasak Ikan Bandeng


Cara memasak kan bandeng kuah kuning tidaklah sulit. Bahan utama dalam proses pembuatannya tentu saja adalah ikan bandeng. Pilihlah ikan bandeng yang masih segar. Sediakan ikan bandeng segar sebanyak ½ kg. Sebagai bahan tambahan, sediakanlah 1 ruas jari jahe (memarkan), 1 batang serai (diparut bagian putihnya), 1 sdt air perasan jeruk nipis, cabai merah sesuai selera (iris menyamping), 1 sdm garam, 1 sdm gula, 2-3 gelas air putih, daun bawang sesuai selera (iris serong), dan minyak goreng. Untuk bumbu yang dihaluskan, sediakanlah 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 biji kemiri sangrai, 1 ruas jahe bakar, 2 cm kunyit, serta ½ sdt merica.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memasak bandeng adalah dengan membersihkan ikan bandeng dari kotoran, setelah itu dipotong-potong sesuai selera.  Lumurilah dengan air perasan jeruk nipis, jahe, garam, dan diamkan selama ¼ jam. Setelah ¼ jam angkatlah bandeng dan goreng hingga masak. Haluskanlah bumbu dan panaskan 3 sdm minyak goreng. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dan serai hingga harum. Tambahkan irisan aun bawang dan cabai merah. Tumis beberapa saat baru tambahkan gula pasir, garam, dan dua gelas air putih. Masukkan ikan bandeng yang telah digoreng dalam kuah. Cara memasak ikan bandeng yang terakhir yaitu dengan mengaduk kuah dan biarkan beberapa saat agar bumbu meresap pada bandeng.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Ikan Bandeng Kuah Kuning