Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Rabu, 11 Februari 2015

Cara Memasak Bubur Kacang Hijau Yang Mudah

Siapa yang tidak mengenal bubur kacang hijau? Rasanya yang nikmat cocok dinikmati setiap saat. Saat cuaca dingin, bubur kacang hijau yang hangat adalah pilihan tepat, sedang saat cuaca panas, es bubur kacang hijau adalah salah satu pelepas dahaga yang segar. Cara memasak bubur kacang hijau tidaklah sulit, bahkan sangat mudah, hanya saja dibutuhkan cara memasak yang tepat agar kekentalan dan tekstur kacangnya pas. 

cara memasak bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah salah satu jenis bahan yang memiliki kandungan kalsium, fosfor, serta multi protein yang mampu menggantikan sel yang mati dan merangsang pertumbuhan kembali sel dalam tubuh. Bubur kacang hijau banyak disajikan bersama ketan hitam dan roti tawar.

Bahan dan Cara Memasak Bubur Kacang Hijau


Cara memasak bubur kacang hijau sangat mudah. Bahan utama dalam pembuatan bubur kacang hijau adalah kacang hijau. Siapkanlah kacang hijau yang masih segar sebanyak 400 gram. Pilihlah kacang hijau yang tidak berbau apek. Sebagai bahan pendukung yag lain, siapkanlah santan kelapa dan gula jawa masing-masing sebanyak 500 gr. 1 sdt garam, 2,5 liter air bersih, dan daun pandan 3 lembar.

Langkah pertama dalam memasak bubur kacang hiaju yaitu dengan mencuci bersih kacang hijau dan membuang kulitnya. Masukkan kacang hijau dan 2,5 liter air dalam panci. Masak sampai tekstur kacang empuk. Di panci lain, rebuslah gula jawa dengan dua gelas air putih hingga larut. Setelah larut, saring dan tuangkan larutan gula tersebut pada rebusan kacang hijau, tambahkan garam serta daun pandan dan masak hingga mendidih. Cara memasak bubur kacang hijau yang terakhir yaitu dengn menuangkan santan kelapa ke adonan dan terus diaduk agar santan tidak mengental dan tidak pecah. Setelah beberapa saat, matikan api dan sajikan selagi panas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Bubur Kacang Hijau Yang Mudah