Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Sabtu, 03 Januari 2015

Cara Memasak Kepiting Saus Asam Pedas

Masakan kepiting bukanlah hal yang asing bagi mereka yang menyukai seafood. Bersama cumi-cumi dan kerang, kepiting merupakan salah satu masakan favorit jenis seafood. Cara memasak kepiting tidaklah rumit, hanya menggunakan bumbu yang sederhana, hanya saja membutuhkan cara yang tepat agar mampu menghasilkan cita rasa kepiting yang khas sesuai keinginan.

cara memasak kepiting

Cara Memasak Kepiting

Cara memasak kepiting asam pedas membutuhkan beberapa bahan dasar seperti dua ekor kepiting ukuran besar, air perasan jeruk nipis dua sendok makan, air putih, serta miinyyak goreng. Sedangkan untuk membuat saus asam pedas, maka bumbu yang harus disiapkan yaitu 2 sdm mentega, 4 sdm saus tomat pedas, 4 sdm saus tiram, 1 sdm minyak sayur, 1 sdm kecap manis, asin, dan kecap inggris, 1 sdt gula pasir dan lada bubuk, 1 buah bawang bombay yang sudah dicincang, 2 siung bawang putih iris tipis, serta 200 ml air putih.

Kepiting yang akan dimasak terlebih dahulu dibersihkan, kemudian potong menjadi beberapa bagian serta memarkan bagian capitnya. Rendam kepiting yang telah dipotong dalam air perasan jeruk nipis selam 10-15 menit. Langkah ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis yang terdapat pada kepiting. Selanjutnya rebus kepiting dengan air sampai mendidih. Setelah direbus, barulah goreng kepiting dalam minyak panas dengan api yang sedang hingga warnanya berubah. Angkat dan diamkan. Langkah selanjutnya setelah kepiting digoreng yaitu dengan membuat saus. Panaskan minyak goreng dan mentega dalam wajan. Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang telah dipotong tipis, tumis hingga harum. Setelah harum, tambahkan bahan-bahan yang lain. Tumis sampai merata dan masukkan potongan kepiting yang sudah digoreng tadi. Tumis kembali selama beberapa saat agar bumbu meresap dan matang. Angkat dan kepiting saus asam pedas siap dihidangkan.

Setelah mengetahui cara memasak kepiting saus asam pedas, apakah anda tertarik untuk mempraktekkannya? Jika iya, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Kepiting Saus Asam Pedas