Praktek cara memasak dengan mudah dan resep yang lengkap.

Rabu, 21 Januari 2015

Cara Memasak Cumi-Cumi Yang Lezat

Cumi-cumi merupakan salah satu jenis masakan seafod yang banyak diminati di Indonesia. penggemar masakan cumi menyebar dari kalangan atas sampai menengah. Cara memasak cumi-cumi yang mudah, rasanya yang enak, serta harganya yang tidak terlampau mahal menjadikan cumi sebagai masakan favorit banyak orang.

cara memasak cumi-cumi

Di Indonesia, banyak olahan cumi yang telah diinovasikan oleh chef maupun ibu rumah tangga. Diantaranya yaitu cumi goreng tepung, cumi asam pedas, cumi saus tiram, dll.

Cara Memasak Cumi-Cumi


Memasak cumi tidak bisa sembarangan. Cara memasak cumi-cumi yang benar akan berpengaruh pada tekstur dan rasa cumi-cumi. Dalam memasak cumi-cumi, ada beberapa bahan dan bumbu yang perlu anda persiapkan. Bahan utama untuk memasak cumi-cumi tentu saja adalah cumi-cumi. Sediakanlah 100 gram cumi-cumi yang masih segar. Potong seperti cincin dan cuci sampai bersih. Sediakan pula bahan-bahan lain seperti perasan air jeruk, 1 sdm air asam jawa, santan cair kara ukuran kecil, cabai rawit 5 buah buang bijinya, serta 2 cm potongan kunyit. Untuk bumbu yang ditumis, siapkanlah beberapa bumbu untuk dihaluskan. Bumbu tersebut yaitu 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih dan 3 biji kemri yang telah disangrai, cabai merah 5-10 biji sesuai selera, serta terasi ukuran kecil.

Langkah pertama dalam memasak cumi-cumi yaitu dengan merendam potongan cumi-cumi pada air yang berisi perasan jeruk nipis, kunyit yang dimemarkan, serta garam. Aduk rata dan diamkan selama beberapa menit sampai bumbu meresap. Sambil menunggu bumbu meresap, haluskanlah bumbu yang akan ditumis. Panaskan minyak goreng dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis sampai berbau harum, setelah itu tambahkan air santan, dan garam secukupnya. Aduklah sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkanlah cumi dan potongan cabai hijau dalam tumisan. Aduk merata dan tunggu sampai kuah mengental dan cumi-cumi memiliki kekenyalan yang pas. Masakan cumi hasil dari cara memasak cumi-cumi yang benar akan enak untuk disantap selagi hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memasak Cumi-Cumi Yang Lezat